5 Tips Jitu Menarik Peserta Saat Membuat Event

Pernah ga berpikir, gimana kalo buat event tapi ga ada peserta yang mau ikutan atau takut buat acara tapi ga laku tiketnya?.

Bagi penyelengara event tujuan utama selain acara sukses dari awal sampe akhir… Banyak peserta yang ikutin acara juga menjadi target utama. Apalagi buat orang-orang yang menjadi pelaku Event Organizer (EO) bisa dibilang sukses ngga acara tersebut diliat dari ramainya peserta.

Ga sedikit EO menyangka kurangnya peserta karena kurangnya minat orang-orang mengikuti acara yang sudah dibuat. Padahal banyak hal lain yang harus diperhatikan untuk menggaet peserta ke acara yang kita buat. Berikut tips-tips agar event diikuti banyak peserta

Target Peserta

Hal pertama yang sebaiknya menjadi perhatian untuk mendapatkan peserta adalah dengan menentukan target peserta dan mencari peserta yang sesuai. Tidak ada satu pun event yang tidak menarik minat orang lain, kita dapat membuat event apa pun yang sekiranya sesuai. Tentu dengan event yang menarik dan sesuai denga target peserta kita, peserta akan meluas dan bukan tidak mungkin peserta dapat memenuhi target bahkan lebih.

Sosial Media

Sebenarnya kini sosialisasi dan pemasaran sangat dimudahkan dengan adanya platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tik-Tok dan lain-lainya. Bisa dibilang mungkin hampir setiap orang memiliki dan mengunakan sosial media, bahkan sebuah riset mengatakan setiap orang menghabiskan waktu 3-4 jam sehari mengunakan sosial media.

Tentu ini menjadi sebuah kemudahan bagi para pelaku pembuat event untuk menyebar luaskan inforamasi mengenai acara yang sedang diadakan. Hanya saja masih ada hal hal yang harus diperhatikan dalam pengunaan sosial media sebagai sarana informasi.

Bisa jadi, konten yang kita buat untuk nyeberkan informasi malah menjadi blunder. Setiap sosial media mempunyai penguna yang memiliki karakter berbeda. Instagram yang lebih dominan mengunakan media foto. Twitter dengan karakter pengunaanya suka ngoceh atau membaca, dengan membuat “Thread” yang menarik biasanya akan lebih mudah menarik orang untuk membaca.

Hal-hal yang harus di pertimbangkan dalam beriklan di sosial media

  1. Cari target audiens sesuai dengan event yang sudah direncanakan. Kini beriklan mengunakan Facebook danInstagram sudah lebih mudahkan dengan adanya meta buisness. Penargetan wilayah, usia, gender bahkan pekerjaan menjadi salah satu fitur ketika beriklan.
  2. Buat copywriting yang menarik.
  3. Sesuai kan konten dengan sosial media. Seperti yang tadi disebutkan, setiap sosial media mempunyai penguna dengan karakteristik berbeda. Kita bisa membuat sebuah utas menarik di twitter. Konten dengan visual yang bagus untuk instagram. Vidio dengan durasi singkat untuk di tiktok.

Pembicara/Narasumber/Bintang tamu

Apabila pengisi acara adalah publik figur atau selebriti yang punya nama, maka kita dapat meminta mereka untuk turut mempromosikan acara, baik secara online di media sosial, maupun secara offline kepada kerabat, teman, bahkan grup penggemar dan pengikut mereka. Pengisi acara bisa menjadi faktor daya tarik utama kedatangan peserta pada beberapa jenis acara, seperti pertunjukkan seni, musik, acara bincang-bincang (talkshow), dan seminar.

Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu dan durasi yang tepat sangat penting. Lakukan sedikit riset apakah waktu yang kita pilih bertepatan dengan hari libur ada adanya event lain yang dapat mengurangi kehadiran peserta. Pilih waktu yang paling memungkinkan untuk diikuti oleh semua pihak.

Selain waktu penyelenggaraan, durasi acara juga tidak kalah penting. Gunakan waktu seefisien mungkin. Tidak semua peserta hadir akan betah berlama-lama di depan laptop atau handphone untuk mengikuti event online. Kapan acara dibuka, berapa lama sambutan atau materi dilakukan, kapan sesi tanya jawab diadakan, semua harus direncanakan secara efektif dan efisien.

Testimoni

Sebagian calon peserta lebih tertarik melihat rekomendasi dari peserta lain dibandingkan iklan dari penyelenggara. Maka itu, cari dan mintalah testimoni dari peserta di acara sebelumnya, atau dari influencer (orang berpengaruh), yang bisa mempromosikan acara secara halus.

Platform penjualan tiket

Dengan memamnfaatkan teknologi pennjualan tiket online sudah menjadi hal sangat umum. Jangankan tiket untuk event-event, tiket perjalanan (pesawat, kereta) sampai pembelian tiket bioskop saja kini sudah bisa dilakukan secara online.

Memasukan event kita ke dalam platform aplikasi atau web penjulan tiket akan memudahkan peserta untuk melakuakan pembelian. Kemudahan akses pembelian tiket juga akan mempengaruhi jumlah peserta. Tentu EO juga harus memperhatikan mitra platform penjualan tiket.


Bennix Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan akses acara dan pelatihan online dalam 1 platform. Bennix tidak terbatas lokasi dan wilayah penyetaraan informasi. Dengan mengunakan bennix kita akan lebih mudah mengatur dan membuat acara. Lebih dari sekedar aplikasi biasa, Bennix mampu mendukung pelaksanaan berbagai tipe event dan pembelajaran yang ingin kita selenggarakan.

Buat acara lebih mudah dan pantau penjualan tiket secara realtime. Tak perlu risau peserta sedikit, bennix akan jadi patner terbaik, memberikan soslusi untuk setiap masalah dalam manajemen acara.

Gunakan sekarang! (klik di sini)

2 thoughts on “5 Tips Jitu Menarik Peserta Saat Membuat Event

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bennix Indonesia hadir untuk memberikan kemudahan akses acara dan pelatihan online dalam 1 platform tidak terbatas lokasi dan wilayah penyetaraan informasi dan konektifitas menjadi tujuan utama kami

Contact

© 2022 BENNIX  From PT. Sintesa Inti Prestasi. All Rights Reserved